Seminar Inseminasi Buatan

Seminar inseminasi buatan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2018 di Gedung Agrotechnopark Universitas Jember. Hal pertama yang dibahas pada seminar ini adalah tentang Inseminasi Buatan dengan narasumber Bapak Dr. Andi Widodo., M.Si yang bekerja sebagai pengawas bibit ternak di Balai  Besar Inseminasi Buatan Singosari, Malang.

Dari seminar ini kita dapat tahu sebenarnya tujuan dari Inseminasi Buatan ini adalah untuk peningkatan populasi ternak di setiap daerah agar perekonomian Negara dapat naik secara signifikan.

Seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Peternakan Universitas Jember angkatan ’18. Dalam seminar ini kita diajarkan tentang bagian-bagian di BBIB Singosari meliputi inseminator, pemeriksa kebuntingan, asisten teknis, bagian penanganan, selektor, instruktur, dan bagian supervisor. Keuntungan dari Inseminasi Buatan adalah pejantan unggul dapat dengan efektif digunakan, peningkatan genetik bisa dengan cepat didapatkan, control penyakit pada kelamin dapat diketahui terlebih dahulu.

Program ini sangat penting dilakukan karena sangat penting untuk diadakan dan dari program ini kita dapat belajar dan menerapkannya nanti saat terjung ke lapang.