RAPAT SINKRONISASI PENYELENGGARAAN PRODUKSI DAN PRODUKTIFITAS HASIL PETERNAKAN

Apa sih yang teman-teman ketahui tentang rapat itu? Yang ada fikiran oleh kalian pasti berkumpul untuk membahas sesuatu yang kemudian di setujui, yup… benar. Oke, membahas lebih lanjut mengenai kegiatan kali ini yaitu dengan tema “ Rapat Sinkronisasi Dan Fasilitas Penyelenggara Produksi Dan Produktifitas Hasil Peternakan “, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 november 2018, yang bertempat di Bakorwil V jember. Pemateri disampaikan oleh ir.R.Pari Brahmanto,D.MM. selaku kepala UPT dan HMT jember. Beliau membahas mengenai potensi domba/kambing yang terdapat di daerah setapal kuda ini yang memiliki banyak populasi serta kualitas yang tidak kalah menrik dengan derah lainnya. Contohnya seperti domba Sapudi dan kambing Seduro. Kambing domba merupakan salah satu ternak yang dapat menuhi kebutuhan hewani bagi setiap masyarakat. keberadaan kambing domba bukan hanya menciptakan lapangan pekerjaan maupun suatu unit usaha, akan tetapi dapat memberi penghasilan lenih bagi selaku pengusaha ternak tersebut.

Pada saat ini  sumber daya genetik asli jawa timur meliputi, domba sapudi yang di kembangkan di UPT PT dan HMT jember dinas peternakan kabupaten jawwa timur, kambing senduro pembibitannya di kembangkan di UPT PT dan HMT malang, itik mojosari yang dikembangkan di kediri, ayam gaok yang dikembangkan di UPT Madura, dan Sapi Madura yang dikembangkan di UPT Madura. Berbagai upaya yang dilakukan dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dalam mengembangkan domba kambing di wilayah jawa timur, contohnya pengembangan model peternakan berbasis good breeding prantice, pengembangan kawasan sumber bibit ( pola desa binaan ), penetapan SNI domba kambing, dan sertifikat bibit ( SKLB/LS Pro ). Dengan aadnya peluang dan pangsa pasar yang sangat luas, kedepanya masyarakat dapat tertarik untuk bisnis kambing/domba ini, pemeliharaan dengan sekala besar mampu menjadikan sebagai mata pencaharian utama karena prospek yang sangat menjanjikan.

Peluang yang sangat besar serta prospek yang sangat menjanjikan dalam beternak kambing maupun domba bisa dijadikan trobosan dalam mencari usaha baru di kalangan masyarakat. nilai ekonomis trenak kambing domba banyak sekali, seperti konsumsi daging, susu, dan kulit untuk bahan industri, melihat dari hal tersebut tiap tahun kebutuhan daging hewani yang tiap tahunnya terus meningkat merupakan salah satu bukti bahwa eksistensi dalam beternak kambing domba tidak pernah pudar. Selain pasar domestik yang sangat luas, pasat internasional juga terbuka lebar bagi ternak kambing domba, dengan kegiatan ekspor ke negara tetangga yang semakin meniangkat dari tahun ketahunnya.